Sabtu, 20 Juni 2009

MU Brand Sepakbola Nomor Dua di Dunia.



Jakarta : Fans Manchester United pasti bangga mengetahui hal ini: tim kesayangan mereka tercatat sebagai brand sepakbola nomor dua di dunia, atau bahkan yang nomor satu dalam hal individu/klub.

Berdasarkan studi yang dilakukan majalan SportsPro, MU menduduki peringkat delapan dalam daftar peringkat brand olahraga dunia. Di kategori sepakbola, klub juara Liga Inggris ini hanya kalah dari perhelatan Piala Dunia, yang di daftar itu menduduki tempat kelima.

Total aset dari brand MU ditaksir bernilai 1,495 miliar dolar. Di bawah mereka adalah event Liga Champions (peringkat 13) dan klub top Spanyol, Real Madrid (14), dengan aset 1,073 miliar dolar.

Klub Inggris lain yang memiliki brand kuat di dunia olahraga adalah Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Hanya saja mereka jauh di bawah kekuatan brand MU. Dalam daftar yang terdiri dari 200 brand itu Arsenal hanya ada di urutan ke-21, diikuti Liverpool (27) dan Chelsea (55).

Secara umum, ajang National Football League (NFL) di Amerika Serikat terpilih sebagai brand olahraga dunia yang paling berharga, dengan nilai aset mencapai 4,5 miliar dolar. Di urutan dua dan tiga adalah kompetisi sport besar di 'Negeri Paman Sam', yakni Major League Baseball (MLB) dan NBA.

Daftar peringkat brand olahraga dunia (dalam dolar AS):


1. National Football League/NFL (4,5 miliar)
2. Major League Baseball/MLB (3,936 miliar)
3. NBA (2,344 miliar)
4. Nascar (1,9 miliar)
5. Piala Dunia (1,7 miliar)
6. Indian Premier League (1,6 miliar)
7. Ferrari (1,55 miliar)
8. Manchester United (1,495 miliar)
9. Formula 1 (1,45 miliar)
10. Dallas Cowboys (1,278 miliar)
11. Tiger Woods (1,25 miliar)
13. Liga Champions (1,1 miliar)
14. Real Madrid (1,073 miliar)
15. Olimpiade (1,05 miliar)
16. Jack Nicklaus (1 miliar)
...
21. Arsenal (910 juta)
27. Liverpool (801 juta)
55. Chelsea (634 juta)
88. David & Victoria Beckham (375 juta)
Penulis artikel : Lidra Reza.
Foto milik dari M.U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar